MEDIA PELAJARAN IPA
MODEL PEMBUKTIAN ENERGI PEGAS
” BULLDOZER BERENERGI KARET GELANG”
A. PENDAHULUAN
Agar penyampaian materi pelajaran
dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup dengan
hanya memanfaatkan indera pendengaran saja, yaitu penyampaian hanya dengan
metoda ceramah saja tetapi sebaiknya juga memanfaatkan media yang bisa
dinikmati oleh indera penglihatan dan melibatkan seluruh panca indra sehingga
pengalaman belajar lebih berkesan karena langsung memberikan pengalaman nyata
bagi peserta.
Penulis membuat cara penggunaan media
dalam mempelajari materi-materi IPA yang abstrak dan tidak dapat dihadirkan
objeknya langsung karena berbagai factor . Dalam kesempatan ini penulis memilih
beberapa standar kompetensi yang sekiranya perlu dibuatkan media pembelajaran.
Mengingat keterbatasan waktu yang hanya 7 jam pelajaran pada diklat ini maka
penulis memilih hanya 2 standar kompetensi yang akan dibuat media
pembelajarannya.
B. TUJUAN
Bahan diklat ini ditulis sebagai bahan
rujukan pelatihan dengan maksud untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang
pembuatan dan penggunaan media sederhana dalam pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar.
Setelah dipelajari
materi ini diharapkan kepada guru dapat
1)
Mengembangkan
pengetahuannya dan kemampuan guru menggunakan media dan alat peraga IPA kepada
guru di wilayah gugus dan rekan-rekan
seprofesi lainnya.
2)
Mengajarkan
kepada para siswanya secara lancar lebih baik dan lebih jelas.
3)
Mengembangkan
alat peraga hasil temuan baru yang variatif.
C. MANFAAT
Setelah mengikuti diklat ini peserta
diharapkan memiliki kemampuan dalam hal
1)
Membuat
media/alat peraga sederhana dari barang-barang atau benda yang ada di sekitar
2)
Mampu
menggunakan media atau alat peraga yang ada di sekolah maupun yang dibuat
sendiri sesuai dengan konsep materi yang tertuang dalam standar isi
3)
Menarik minat
untuk belajar IPA
PROPOSAL IPA
“MODEL PEMBUKTIAN GAYA
PEGAS/ BULLDOZER SEDERHANA ENERGI PEGAS”
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/2
Kompetensi dasar : 7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan
antara gaya
dan gerak
(model jungkat jungkit, katapel/model bulldozer sederhana energi pegas)
1.
Nama
Pembuat :
silent
NIP : 1silent
Sekolah : SD Negeri Tersana II
Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu
- Judul : Model Pembuktian bulldozer Sederhana Energi Pegas
- Nama Alat dan Bahan :
1.
Bahan
a.
Kayu/Plastik bekas gulungan benang
b.
Karet gelang
c.
Batang kayu dari sumpit
d.
Seng bekas standar obat nyamuk
bakar
e.
Lilin
f.
benang
2.
Alat
a.
Tang
b.
Pisau
4. Cara
Membuat
:
a.
Siapkan bekas gulungan benang yang
berupa silinder lalu masukan gelang karet sebanyak 2 buah. Ganjal benang karet
dengan batang lidi pendek disisi kiri silinder dan disisi lainnya batang sumpit,
antara silinder dan sumpit diberi lilin yang telah dilubangi tengahnya untuk
memasukan karet, lilin ini berfungsi untuk mengurangi gaya gesekan antara
silinder dan sumpit yang melancarkan kerja pegas .
b.
Pasang kaleng bekas standar obat
nyamuk bakar yang sudah dipotong dan dibentuk sedemikian rupa menyerupai seruk
bulldozer di ujung sumpit dan kaleng ini berfungsi sebagai serok.
5. Cara Kerja Model Bulldozer Sederhana Energi Pegas
:
a.
Putar batang kayu/sumpit searah
jarum jam ± 20 putaran
b.
Letakan model bulldozer diatas
meja
c.
Lepaskan dan biarkan model traktor
berjalam maju
d.
Model bulldozer akan berhenti
setelah karet pegas kembali seperti semula.
e.
Model alat ini membuktikan bahwa
pegas dapat menimbulkan gaya gerak benda
6. Perincian Alat
Peraga
:
a.
Lilin : Rp 1.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar