100 SOAL UKG GURU KELAS
Contoh soal UKA Guru TK 2013
Mendeteksi ciri perkembangan
fisik, intelektual, social-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya
anak usia 4 – 6 tahun
1. Seorang
anak yang berusia antara 4 – 6 tahun, senantiasa melihat yang
ada di sekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau
anak tersebut belum memahami perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal
ini merupakan ciri dari sikap anak, yaitu:
a. Fisiognomis
b. Egosentris
c. Relasi sosial primitif
d. Kesatuan Jasmaniah dan
rohaniah
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan anak TK
2. Perkembangan
aspek intelektual dalam diri anak TK diawali dengan perkembangan kemampuan anak
dalam hal: ……………
a. Perkembangan fisik
b. Mengamati, melihat
hubungan dan memecahkan masalah
c. Pertemanan yang dilakukan
dengan teman sebayanya
d. Peniruan bunyi dan suara,
serta memahami perintah
Memberi contoh kesulitan anak TK
dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan
social-emosional.
3. Lina adalah anak berusia 5 tahun ingin
mengambil mainan yang terletak di atas lemari. Lina mencoba mengambil dengan
tangannya, tapi tidak berhasil. Lina mencoba lagi dengan mengacungkan tangan
sambil melompat-lompat, tapi juga tidak berhasil.
Dari ilustrasi di atas, kesulitan utama yang
dihadapi Lina adalah:
a. Kesulitan
fisik
b. Kesulitan moral
c. Kesulitan
bahasa
d. Kesulitan
kognitif
Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)
6. Teori yang menyatakan
bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain
atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses
internalisasi, merupakan pendapat dari:
a.
Piaget
b. Vigotsky
c. Erikson
d. Smilansky
|
Memberikan contoh
aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang
pengembangan.
8. Beberapa ahli psikologi anak
seperti Rodgers, Erikson, Piaget, Vygotsky, dan Freud, menyampaikan ada
beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran anak, antara
lain: bermain fungsional, bermain peran, bermain konstruktif, dan sebagainya.
Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran anak
adalah:
a. anak belajar melalui panca
indera dan fisiknya
b. anak belajar melalui imajinasinya
c. anak belajar melalui pembuatan
bentuk-bentuk yang diinginkannya
d. anak belajar melalui kegiatan menulis
dan menggambar
Menentukan strategi pengembangan
sesuai dengan bidang pengembangan anak TK
9. Kegiatan menari yang dilakukan
siswa TK di sekolah merupakan salah satu strategi pengembangan yang dilakukan
oleh seorang guru dalam hubungannya dengan: …
a. strategi pengembangan seni
b. strategi pengembangan bahasa
c. strategi pengembangan
fisik-motorik
d. strategi pengembangan kognitif
Menjelaskan prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum TK
10. Berikut ini, prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan seorang guru jika ingin
mengembangkan kurikulum anak TK , kecuali:
a. Prinsip relevansi
b. prinsip kontuniutas
c. prinsip kelayakan
d. prinsip hakikat
|
DOWNLOAD KISI-KISI UKA 2013
KOMPETENSI INTI GURU (Standar Kompetensi)
- 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- 2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
- 4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
KOMPETENSI GURU PAUD/TK (Kompetensi Dasar)
- 1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, dan latar belakang sosial-bu
- 1.2.Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam bidang Pengembangan. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
- 2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
- 3.1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
- 3.2. Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
- 3.3. Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan.
- 3.4. Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
INDIKATOR ESENSIAL
- Mendeteksi ciri perkembangan fisik , intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4- 6 tahun.
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini.
- Memberi contoh kesulitan anak usia dini dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan sosial-emosional.
- Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky).
- Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar melalui bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan.
- Menentukan strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran di TK.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK.
- Merancang kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan yang telah ditetapkan.
- Memberikan contoh kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan
- pengembangan yang telah ditetapkan.Menentukan materi bidang-bidang pengembangan sesuai dengan perkembangan anak TK.
- Mengurutkan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, dan harian dalam kegiatan pengembangan di TK.
- Menganalisis kegiatan bermain yang bersifat holistic, otentik dan bermakna.
LATIHAN SOAL UKA (100 SOAL)
LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD (100 SOAL)
Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD (100 SOAL)
Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2013/03/100-soal-ukg-guru-kelas.htmlSumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
Cerita Silat Pendekar 212 Wiro Sableng
- Si Brewok dari Gua Srengseng
- Maut Bernyanyi di Pajajaran
- Dendam Orang Sakti
- Keris Tumbal Wira Yudha
- Hidung Belang Berkipas Sakti
- Khianat Seorang Pendekar
100 SOAL LATIHAN UKG
ONLINE GURU KELAS 2013. Pilih salah satu jawaban yang tepat dengan cara
klik pada lingkaran atau kotak di sebelah kiri. Jika terjadi salah pilih
jawaban, Anda dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama.
Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi
nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. Waktu yang tersedia
120 menit.
Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2013/03/100-soal-ukg-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2013/03/100-soal-ukg-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com