KARYA ILMIAH
JUDUL :
PENGGUNAAN ALAT
PERAGA CHART UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NORMA DI MASYARAKAT
DI KELAS III SD
NEGERI SUKAGUMIWANG I
Tri Lestari W,
NIM. 818280977; 2011
Jurusan PGSD,
FKIP
Universitas
Terbuka
ABSTRAK
Peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan selama hasil
pendidikan belum mencapai target yang diharapkan. Salah satu aspek yang
mendapat imbas dari upaya tersebut adalah meningkatkan mutu proses pembelajaran
agar hasil belajar siswa lebih meningkatkan melalui Penelitian Tindakan kelas
(PTK). Peneliti Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru
didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dangan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat (IGAK
Wandhani. 2007:1.4). Wilbur Schramn (1977) mendefinisikan
media pembelajaran sebagai teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan
untuk kepentingan pembelajaran. Begitupun Miarsa (1980) menegaskan bahwa media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak didik sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar pada diri siswa..
Tujuan dari penelitian yang terkait dengan perbaikan pembelajaran
PKn adalah agar siswa dapat mendeskripsikan penggunaan chart organisasi dalam
pembelajaran dan dapat menganalisis pengaruh positif penggunaan chart
organisasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
Berdasarkan analisis masalah maka rumusan masalahnya yaitu
bagaimana cara menggunakan chart organisasi dan cara menggunakan alat peraga
agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa
tentang organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Pada Siklus I masalah yang akan diselesaikan adalah tentang
Siswa yang kurang memahami
materi organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat, dan siswa tidak dapat
menjawab pertanyaan guru.Untuk mengatasi masalah tersebut diatas maka tindakan
yang ditempuh guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan chart contohnya
organisasi sekolah dan gambar kegiatan Posyandu.
Pada
kegiatan siklus II, masalah yang akan diselesaikan yaitu tentang siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran tentang materi organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat dan siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan guru dengan
tepat. Untuk mengatasinya guru dalam proses pembelajaran menggunakan media
chart organisasi sekolah dan masyarakat dalam menjelaskan materi dan
menyebarkan pertanyaan secara merata.
Jadi
hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan alat peraga chart dapat
meningkatkan pemahaman siswa tentang norma di masyarakat
Kata kunci : hasil belajar,
penguasaan materi, norma di masyarakat.
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Peningkatan
mutu pendidikan terus diupayakan selama hasil pendidikan belum mencapai target
yang diharapkan. Salah satu aspek yang mendapat imbas dari upaya tersebut
adalah meningkatkan mutu proses pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih
meningkatkan melalui Penelitian Tindakan kelas (PTK). Peneliti Tindakan Kelas adalah
penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi
diri, dangan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil
belajar siswa menjadi meningkat (IGAK
Wandhani. 2007:1.4). Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang
standar isi maka, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang harus
dikuasai siswa diantaranya adalah SK dan KD mata pelajaran PKn.
Dengan
demikian, setiap siswa kelas III idealnya harus menguasai SK dan KD sesuai
dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas III SDN Sukagumiwang I, yaitu
KKM mata pelajaran PKn 68%, kenyataannya masih terdapat berbagai masalah
pembelajaran diantaranya masih adanya Guru menjelaskan materi secara verbal, siswa
sering salah menjawab pertanyaan, tidak dapat mengerjakan tugas dengan benar,
dan dari 21 siswa yang mencapai KKM
hanya 57%, sehingga masalah pembelajaran dapat diidentifikasi sebagai berikut siswa
kurang memahami penjelasan materi, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan, siswa
kurang merespon tugas dari guru, dan pemahaman siswa terhadap materi PKn masih
rendah.
Dari
beberapa masalah pembelajaran tersebut, maka analisis masalah difokuskan pada
proses pembelajaran, karena aspek ini merupakan aspek yang sangat strategis dan
merupakan kunci keberhasilan pendidikan.
Berdasarkan
identifikasi dan hasil analisis masalah di atas, maka rumusan masalahnya adalah
bagaimana cara menggunakan chart
organisasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat dalam PKn pada kelas III SDN Sukagumiwang I ?, dan
bagaimana cara menggunakan alat peraga agar siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran ?
Tujuan
penelitian yang terkait dengan perbaikan pembelajaran PKn meliputi siswa dapat
mendeskripsikan penggunaan chart
organisasi dalam pembelajaran, dan pula siswa dapat
mendeskripsikan/menganalisis dampak penggunaan chart organisasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.
Manfaat
dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) cukup besar, baik bagi guru sebagai
peneliti, intitusi, maupun bagi pendidikan secara umum. Manfaat-manfaat
tersebut dipaparkan sebagai berikut yaitu bagi siswa dapat
meningkatkan keberhasilan penguasaan materi belajar, sebab dengan adanya PTK
kesalahan dalam proses pembelajaran akan cepat dianalisis dan segera
diperbaiki, manfaat bagi guru sangat besar dan
merupakan bahan masukan untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, Guru
dapat mengembangkan diri secara profesional, juga mejadikan guru lebih percaya
diri dan pula, Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan sendiri.
Sedangkan
manfaat bagi institusi/sekolah seperti dapat meningkatkan kualitas pendidikan
untuk para siswa di SD Negeri Sukagumiwang I khususnya, mempunyai kesempatan
yang besar untuk berubah secara keseluruhan dan dapat memberikan sumbangan yang
positif terhadap kemajuan sekolah yang tercermin dari peningkatan kemampuan
potensial para guru, perbaikan proses dan hasil belajar siswa, serta
kondusifnya iklim pendidikan di SD Negeri Sukagumiwang I
Secara
harfiah media diartikan sebagai medium atau perantara. Kaitannya dengan proses
komunikasi pembelajaran, media diartikan sebagai wahana pengatur pesan
pembelajaran. Beberapa ahli mengemukakan
pengertian tentang media pembelajaran ini.
NEA (1969) mengartikan media pembelajaran sebagai sarana
komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun pandang dengan, termasuk perangkat
kerasnya. Wilbur Schramn (1977)
mendefinisikan media pembelajaran sebagai teknologi pembawa pesan yang dapat
dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran.
Sedangkan
Miarsa (1980) menegaskan bahwa media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak didik sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Berdasarkan
pendapat tersebut penulis menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah sarana
untuk menyalurkan pesan atau informasi dari guru kepada siswa atau sebaliknya.
|
Jenis
media pembelajaran banyak ragamnya diantaranya media visual seperti tabel, Chart (bagan), poster, foto, dan slide. Media
audio, seperti program kaset suara dan program radio dan media audiovisual,
seperti program TV pendidikan, film, dan pembelajaran dengan komputer.
Chart merupakan media visual yang tidak dapat diproyeksikan. chart dapat dikatakan presentasi berupa
gambar grafis yang menginformasikan hubungan-hubungan misalnyan kronologis,
jumlah, dan hirarki. Ada beberapa tipe chart,
diantaranya adalah Chart Organisasi (Organitation Chart). Chart ini menunjukan hubungan atau
rantai komando dalam suatu organisasi seperti misalnya perusahaan, lembaga
pemerintah, dan sebagainya, Chart
Garis Waktu (Time Line Chart), Chart Aliran (Flowchart), Cahrt
Klasifikasi (Clasification Chart),
dan Chart Tabulasi (Tabulan Chart)
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
identifikasi dan hasil analisis masalah di atas, maka rumusan masalahnya
sebagai berikut, bagaimana cara menggunakan chart
organisasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat dalam PKn pada kelas III SDN Sukagumiwang I ?, bagaimana cara
menggunakan alat peraga agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran ?
Tujuan
penelitian
Tujuan
penelitian yang terkait dengan perbaikan pembelajaran PKn adalah sebagai
berikut : mendeskripsikan penggunaan chart
organisasi dalam pembelajaran, mendeskripsikan/menganalisis dampak penggunaan chart organisasi dalam pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa.
Manfaat
penelitian
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) mempunyai menfaat yang cukup besar, bagi siswa dapat meningkatkan keberhasilan penguasaan materi, bagi guru dapat memperbaiki proeses pembelajaran yang
dikelolanya. Sedangkan manfaat bagi sekolah yaitu dapat meningkatkan kualitas
pendidikan, dan memberikan sumbangan yang positif terhadap kemajuan sekolah.