Translate

Minggu, 23 Desember 2012

Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha

Menikmati Alam Terbuka Kalimantan

 Foto:bd/dtc
(Berita Daerah - Kalimantan) Pulau Kalimantan memiliki banyak hutan yang menyimpan beragam keindahan. Salah satunya adalah air terjun Gansir yang ada di Kalimantan Barat. Berkesempatan kemping di kaki air terjun jadi pengalaman yang sangat seru.
Semalam berkemah di lokasi air terjun Gansir merupakan pengalaman seru dan menyenangkan. Ini karena hutannya yang masih alami dan kontur air terjun bertingkat-tingkat. 

Trek yang cukup melelahkan untuk sampai ke tingkat paling atas karena seringkali harus memanjat bebatuan yang licin dan curam. Mencari pijakan di retakan batu dan tebing serta berpegangan pada akar dan tumbuhan yang cukup kuat jadi liburan dengan pengalaman yang tak terlupakan.


Air terjun ini berlokasi di sebuah desa terpencil di pedalaman Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kami sempat bermalam di rumah kepala desa yang kami panggil Bang Peyank. Di masa mudanya, beliau adalah pecinta alam yang kerap berpetualang di alam bebas.

Ini membuatnya sudah terbiasa melakukan treking dan ia pun menjadi penunjuk jalan kami menuju lokasi air terjun. Pepohonan yang rimbun menjadi kanopi pelindung dan memberikan kesejukan alami. Air yang begitu bersih dan belum tercemar di air terjun itu dapat diminum langsung.
 (Agusninawati/EA/bd-dtc)
Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar