Translate

Minggu, 23 Desember 2012

Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha


Keindahan Gunung Merapi Yang Mengandung Kedasyatan
Foto : bd-kabwonosobo
Dieng Plateau terletak Di Jawa Tengah, Secara Administratif  Dieng terbagi menjadi dua Bagian Wilayah. sebagian wilayahnya masuk dalam Kabupaten Banjarnegara (Dieng Kulon) dan sebagian lagi masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo (Dieng Wetan)
Dieng  Plateu  terletak  di  ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut, dengan suhu berkisar 10-20 derajat  Celcius.  Suhunya terasa sangat dingin.  Ketinggian Rata-Rata Dataran Tinggi Dieng sekitar 2000m DPL ( diatas permukaan Laut), dengan suhu relatif antara 8-22°C. Di Musim Kemarau, suhu dapat menurun drastis hingga mencapai 0°C di pagi hari sehingga muncul apa yang oleh masyarakat Dieng disebut bun upas ( embun Beku). Bun Upas ini tidak berbahaya bagi manusia.
foto :bd-indonesianphtography
Ada  banyak  tempat yang  bisa Anda kunjungi di kawasan Dieng.  Salah satunya adalah Kawah Sikidang.   Kawah ini terbilang unik karena letaknya yang bisa berpindah-pindah karena fenomena alam.  Selain itu  Anda juga bisa mengunjungi  Telaga Warna, sebuah telaga yang indah yang dapat  memantulkan warna hijau, biru, dan ungu.  Saat  terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat matahari terbit.  Anda dapat menikmati  fenomena alam yang sangat  indah dari puncak Gunung Sikunir.  Dan tampak  kabut   di sekitar telaga warna ini,  menambah eksotisme Dieng Plateu.
Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "di" yang berarti tempat, dan "hyang" yang berarti dewa pencipta.. Di dataran Dieng berlimpah akan kekayaan  tanah yang subur, cantik dan eksotik ini.  Cuacanya  dingin,  suhu udara pada siang hari berkisar antara 15-20 derajat celcius sementara pada malam hari berkisar antara 10 derajat celcius. Pada bulan Juli dan Agustus suhu bisa mencapai 0 derajat celcius pada siang hari dan -10 derajat celcius pada malam hari.

foto : bd-indonesianphotography
Udara sejuk dan dingin ini benar-benar dimanfaatkan oleh penduduk untuk memaksimalkan usaha pertanian mereka.  Sebenarnya Dieng adalah wilayah vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai gunung api raksasa. Dataran Dieng  terbentuk dari kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawah ini terlihat jelas dari dataran yang dikelilingi oleh gugusan pegunungan disekitarnya. Namun meskipun gunung api ini telah berabad-abad mati, beberapa kawah vulkanik masih aktif hingga sekarang. Di antaranya adalah Kawah Sikidang, yang selalu berpindah-pindah tempat dan meloncat-loncat seperti  kijang.
Proses terbentuknya  bentang alam yang eksotik dan tidak ada duanya Telaga Warna. yang memantulkan warna hijau, biru dan ungu serta pesona keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Sikunir merupakan satu tempat wisata yang sangat menarik.

(Debbie/DB/bd-indonesianphotography)
 Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha