Translate

Sabtu, 15 Desember 2012

TABEL ANGKA KREDIT GURU


 
Peraturan Pemerintah  Nomor  41  Tahun  2009  tentang  Tunjangan  Profesi  Guru  dan Dosen,  Tunjangan  Khusus  Guru  dan  Dosen,  serta  Tunjangan  Kehormatan Profesor,  mengamanatkan bahwa guru yang telah memiliki sertifikat pendidik, baik yang  berstatus pegawai negeri sipil maupun yang bukan pegawai negeri sipil  dan  memenuhi  persyaratan  sesuai  dengan  ketentuan  peraturan perundang-undangan  diberi  tunjangan  profesi  dan  tunjangan  khusus  setiap bulan. Tabel Angka  Kredit Inpassing  Guru        
Tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru pegawai negeri sipil yang menduduki  jabatan  fungsional  guru  diberikan  sebesar 1 (satu)  kali  gaji pokok  pegawai  negeri  sipil  yang  bersangkutan  sesuai  dengan  ketentuan perundang-undangan  setiap  bulan. Tabel Angka Kredit Inpassing Guru                         
Sedang  bagi  guru  bukan  pegawai  negeri sipil,  tunjangan  profesi  dan  tunjangan  khusus  diberikan  sesuai  dengan kesetaraan  tingkat,  masa  kerja,  dan  kualifikasi  akademik  yang  berlaku  bagi guru pegawai negeri sipil. Tabel Angka Kredit Inpassing Guru                         
Mengingat  kebijakan  pemberian  tunjangan  profesi  dan  tunjangan  khusus tersebut berlaku  bagi semua guru  yang memenuhi syarat, maka untuk  dapat memberikan  tunjangan  profesi  dan  tunjangan  khusus  kepada  Guru  Bukan Pegawai  Negeri  Sipil  (GBPNS)  yang  telah  memenuhi  persyaratan sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku, perlu dilakukan penyetaraan atau inpassing penetapan jabatan fungsional dan angka kreditnya bagi GBPNS  tersebut. Atas dasar  itu, ditetapkan Peraturan Menteri  Pendidikan    Nasional  (Permendiknas)  Republik  Indonesia Nomor  22  Tahun 2010  sebagai  perubahan    terhadap  Permendiknas    Nomor  47  Tahun  2007 tentang  Penetapan  Inpassing  Jabatan  Fungsional  GBPNS  dan  Angka Kreditnya yang dijadikan sebagai acuan untuk menetapkan Jabatan Fungsional GBPNS dan Angka Kreditnya.Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Penetapan  jabatan  fungsional  GBPNS  dan  angka  kreditnya,  bukan  hanya untuk memberikan tunjangan profesi/khusus bagi mereka, Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
namun dimaksudkan untuk  pembinaan  dan  perlindungan  serta  tertib  adminsitrasi  guru.  Jabatan fungsional  guru merupakan  jabatan  ahli.Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Inpassing  Jabatan  Fungsional GBPNS  dan Angka Kreditnya  ditetapkan berdasarkan dua hal, yaitu kualifikasi akademik dan masa kerja.
Berikut tabel konversi nilai angka kredit jabatan fungsional GBPNS berdasarkan lampiran Pedoman Penetapan Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS.Tabel Angka Kredit Inpassing Guru

1. Kualifikasi SMA/SPG/SGO/D1/PGSLP/DII/PGSLA/Setara
Masa Kerja (th)
Angka Kredit
Gol.
Jabatan
0 <MK< 6
25
II a
Guru Pratama
6 <MK< 10
40
II b
Guru Pratama Tk I
10 <MK< 14
60
II c
Guru Muda
14 <MK< 18
80
II d
Guru Muda Tk I
18 <MK< 22
100
III a
Guru Madya
22 <MK< 26
150
III b
Guru Madya Tk I
26 <MK< 30
200
III c
Guru Dewasa
30 <MK< 34
300
III d
Guru Dewasa Tk I
MK> 34
400
IV a
Guru Pembina


2. Kualifikasi Sarjana Muda/D3/Setara Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Masa Kerja (th)
Angka Kredit
Gol.
Jabatan
 0 <MK< 6
40
II b
Guru Pratama Tk I
 6 <MK< 10
60
II c
Guru Muda
10 <MK< 14
80
II d
Guru Muda Tk I
14 <MK< 18
100
III a
Guru Madya
18 <MK< 22
150
III b
Guru Madya Tk I
22 <MK< 26
200
III c
Guru Dewasa
26 <MK< 30
300
III d
Guru Dewasa Tk I
30 <MK< 34
400
IV a
Guru Pembina
MK> 34
-



3. Sarjana/D4 Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Masa Kerja (th)
Angka Kredit
Gol.
Jabatan
 0 <MK< 6
100
III a
Guru Madya
 6 <MK< 10
150
III b
Guru Madya Tk I
10 <MK< 14
200
III c
Guru Dewasa
14 <MK< 18
300
III d
Guru Dewasa Tk I
18 <MK< 22
400
IV a
Guru Pembina

4. Magister / S2 Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Masa Kerja (th)
Angka Kredit
Gol.
Jabatan
 0 <MK< 6
150
III b
Guru Madya Tk I
 6 <MK< 10
200
III c
Guru Dewasa
10 <MK< 14
300
III d
Guru Dewasa Tk I
14 <MK< 18
400
IV a
Guru Pembina

5. Doktor / S3 Tabel Angka Kredit Inpassing Guru
Masa Kerja (th)
Angka Kredit
Gol.
Jabatan
 0 <MK< 6
200
III c
Guru Dewasa
 6 <MK< 10
300
III d
Guru Dewasa Tk I
10 <MK< 14
400
IV a
Guru Pembina



RPP Berbasis Inkuiri



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN Tersana II
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester      : IV / 1
Alokasi Waktu        : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

A.    Standar Kompetensi
1.    Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
B.     Kompetensi Dasar
1.    Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
 C.    Indikator
  1. Merumuskan masalah tentang sifat bahan dan kegunannya
  2. Mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan tentang sifat bahan dan kegunannya
  3. Merancang eksperiman tentang sifat bahan dan kegunannya
  1. Melakukan eksperimen tentang sifat bahan dan kegunannya
  2. Menggunakan alat-alat dalam percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya
  3. Menyimpulkan hasil diskusi percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya
  4. Mengomunikasikan hasil percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapat materi dari guru tentang sifat bahan dan kegunannya, diharapkan siswa dapat :
1.      Merumuskan masalah tentang sifat bahan dan kegunannya
2.      Mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan tentang sifat bahan dan kegunannya
3.      Merancang eksperiman tentang sifat bahan dan kegunannya
4.      Melakukan eksperimen tentang sifat bahan dan kegunannya
5.      Menggunakan alat-alat dalam percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya
6.      Menyimpulkan hasil diskusi percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya
7.      Mengomunikasikan hasil percobaan tentang sifat bahan dan kegunannya
 E.  Materi Ajar
Sifat Bahan dengan Kegunaannya
  Untuk membuat barang-barang keperluan hidup, digunakan benda padat. Benda padat yang digunakan, di antaranya logam, kayu, plastik, karet, dan kaca.
  Logam dan kaca merupakan benda padat yang sangat sulit dibentuk.
Untuk mengubah bahan tersebut, diperlukan pemanasan yang sangat tinggi. Logam dan kaca dapat bersifat lentur pada suhu yang tinggi.
  Logam memiliki sifat sebagai penghantar panas/listrik atau konduktor.
  Plastik, kayu, dan karet mempunyai sifat penghantar panas yang jelek atau isolator. Karet merupakan isolator yang baik.

F.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    : PAIKEM
2.      Metode            : Inquiry, Diskusi kelompok, Pemberian tugas, Tanya jawab
 G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
a.       Pendahuluan ( 5 menit)
1.      Guru mengucapkan salam dan memulai pembelajaran dengan membaca basmallah dan berdo’a.
2.      Guru membimbing siswa untuk menyanyilakan lagu “Abang Becak” sebagai apersepsi.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



b.      Kegiatan Inti (50 menit)
Fase 1 : Observasi untuk menemukan masalah (5 menit)
1.      Guru memperkenalkan bahan dari plastik, logam, kayu, dan karet pada siswa
2.      Guru memanggil empat siswa ke depan kelas, mengamati sifat-sifat bahan tersebut dan menjelaskan sifat-sifat dari masing-masing bahan tersebut
Fase 2 : Merumuskan masalah (5 menit)
1.      Guru memberi kesempatan  siswa untuk bertanya tentang demonstrasi tersebut
2.      Siswa menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat dan kegunaan bahan di papan tulis
3.      Siswa dengan bimbingan guru menentukan rumusan masalah yang akan dipecahkan bersama
4.      Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang
5.      Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menentukan ketua kelompok
Fase 3 : Membuat hipotesis (5 menit)
1.      Melalui diskusi kelompok, siswa menjawab pertanyaan yang telah dipilih bersama sebagai rumusan masalah
2.      Setiap kelompok menuliskan jawabannya di selembar kertas dan dikumpulkan di meja guru
3.      Guru menyampaikan tujuan, garis besar materi, dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses pembelajaran
Fase 4 : Merencanakan pemecahan masalah (5 menit)
1.      Guru menunjukkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan tentang sifat dan kegunaan bahan 
2.      Setiap kelompok membuat rancangan percobaan kegunaan bahan disesuaikan dengan sifat bahan tersebut dengan menggunakan media peraga yang disiapkan guru

Fase 5 : Melaksanakan eksperimen (10 menit)
1.    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang telah dibawa dari rumah untuk percobaan sifat dan keguaan bahan
2.    Siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk, Guru membagi LKS
3.    Guru memberi kesempatan siswa untuk mencermati LKS dan menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
4.    Ketua kelompok membagi tugas pada anggotanya
5.    Siswa melakukan percobaan tentang bahan dan kegunaannya secara berkelompok
6.    Guru memantau dan membimbing kegiatan siswa dalam melakukan percobaan
Fase 6 : Melakukan pengamatan dan pengumpulan data (5 menit)
1.    Setiap kelompok mencatat hasil percobaan tentang sifat bahan dan kegunaannya
2.    Setiap kelompok mencatat data hasil percobaan tentang struktur bahan pada lembar pengamatan
Fase 7 : Analisis data (15 menit)
1.    Bersama kelompok, siswa mendiskusikan data hasil pengamatan serta menjawab pertanyaan yang ada pada LKS dan menjawab rumusan masalah
2.    Siswa membandingkan hipotesis dengan hasil diskusi tentang sifat bahan dan kegunaannya
3.    Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain dapat menanggapi
4.    Guru mengumumkan kelompok terbaik hasil diskusinya
5.    Guru membimbing siswa melakukan diskusi kelas dan memberi pemantapan konsep tentang sifat bahan dan kegunaannya
6.    Guru memberi kesempatan siswa bertanya tentang materi sifat bahan dan kegunaannya yang belum dipahami
7.      Hasil diskusi kelompok yang telah dibuat, dipajang pada fail portofolio
Fase 8 : Penarikan kesimpulan (5 menit)
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari kegiatan dan materi yang telah dibahas
2.    Guru melakukan refleksi tentang pembelajaran yang dilakukan
3.    Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
c.       Penutup (15 menit)
1.      Guru memberi penilaian dan pujian bagi siswa yang berhasil mendapat nilai tertinggi.
2.      Siswa bersama guru membuat simpulan materi
3.      Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas pekerjaan rumah
4.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah.
H.    Alat dan Sumber Belajar
1.   Alat Peraga :
a. macam-macam benda dari logam (batang besi, seng, lempeng aluminium)
b. fiberglass
c. karet ban
d. kayu
e. kaca
2.      Sumber Belajar :
a.        Budi Wahyono, Setya Nurachmandani. 2008; Ilmu Pengetahuan Alam 4: Jakarta. BSE.depdiknas. (Hal : 79-81)
b.      Heri Sulistyanto, Edy Wiyono. 2008; Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas 4: Jakarta. BSE.depdiknas. (Hal : 85-88)
c.       Poppy K. Devi, Sri Anggraeni. 2008; Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas 4: Jakarta. BSE.depdiknas. (Hal : 96-100)
d.      S. Rositawaty, Aris Muharam. 2008; Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI kelas 4: Jakarta. BSE.depdiknas. (Hal : 92-99)



I.        Penilaian
1.   Awal               : Tes Lisan
2.   Proses              : Mengamati keaktifan siswwa dalam menjawab pertanyaan dan
                               memberikan tanggapan
3.  Akhir               : Tes Tertulis (soal terlampir)




Kepala Sekolah



NURUDIN, S.Pd..
NIP. 196403151984121002 NPWP. 348187030-437.000

Indramayu,  13 Nopember 2012
Mahasiswa



SUNENTI
NIM. 821113764

















LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV (Empat) / I (Satu)


 
Kegiatan 1
Nama benda
Bahan
Sifat Bahan
Kegunaan
Lap piring
Kain katun
Menyerap air
Untuk mengeringkan piring yang
basah
.....................
...................
............................
.....................................................
.....................
...................
............................
.....................................................
.....................
...................
............................
.....................................................
.....................
...................
............................
.....................................................
.....................
...................
............................
.....................................................
.....................
...................
............................
.....................................................

Kegiatan 2
Membandingkan Sifat Bahan
1.    Sediakan berbagai jenis kain bekas dan berbagai jenis kertas.
2.    Basahi meja dengan air secara merata, gunakan kain untuk mengelap meja tersebut. Bandingkan daya serapnya terhadap air. Teteskan 10 tetes air pada tempat yang berbeda di atas meja.
4.    Tutuplah dengan berbagi jenis kertas. Diamkan beberapa saat dan bandingkan daya serap kertas.
5.    Laporkan hasil pengamatanmu pada tabel seperti berikut.




          Bahan
Jenis Bahan
Daya Serap terhadap Air
Kain
Kain wol

Kertas hvs
kertas


Pertanyaan
1. Tentukan kegunaan berbagai jenis kain berdasarkan sifatnya!
2. Tentukan kegunaan jenis kertas berdasarkan sifatnya!

















Lembar Evaluasi

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV (Empat) / I (Satu)


 


A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

1. Untuk membersihkan lantai yang berair lebih baik digunakan kain pel dari bahan. . . .
a. katun
b. polyester
c. nilon
d. wol

2. Bahan yang cocok digunakan untuk membuat jas hujan adalah . . . .
a. kain katun
b. kain wol
c. plastik
d. kaca

3. Teko untuk memasak air dibuat dari logam alasannya adalah . . . .
a. logam kedap air
b. teko tahan bocor
c. logam tahan panas
d. teko menyerap panas

4. Kertas tisu sangat baik untuk mengelap keringat karena kertas tisu bersifat . . . .
a. menyerap air
b. menolak air
c. kedap air
d. tembus air

5. Berikut ini hal yang tidak termasuk sifat bahan plastik adalah ....
a. tembus pandang
b. mudah dibentuk
c. tidak mudah pecah
d. relatif ringan
6. Logam digunakan sebagai rangka rumah karena bersifat ....
a. tembus pandang
b. kuat
c. mudah dibentuk
d. mengkilap
7. Benda yang harus dipanaskan pada suhu tinggi agar mudah dibentuk adalah ....
a. kaca dan logam
b. kaca dan plastik
c. logam dan kayu
d. plastik dan kayu
8. Bahan yang tepat untuk membuat ember adalah ....
a. katun
b. kayu
c. kaos
d. plastic

9. Pada umumnya panci penggorengan terbuat dari logam atau besi stainless karena ....
a. bahan yang keras dan lentur
b. bahan menyerap air
c. bahan tahan api
d. bahan yang tembus pandang

10. Baju yang paling tepat dipakai pada musim panas terbuat dari bahan ....
a. wol
b. parasut
c. plastik
d. katun

11. Berikut adalah sifat bahan plastik, kecuali .…
a. transparan
b. tahan panas
c. tidak mudah pecah
d. relatif ringan

12. Kita dapat menulis di buku dengan menggunakan tinta atau bolpoin. Buku dibuat dari kertas karena memiliki keuntungan dalam hal .…
a. daya serapnya
b. daya kuatnya
c. transparan
d. tahan panas

13. Bahan yang mudah didaur ulang adalah .…
a. plastik
b. kertas
c. karet
d. kayu




14. Kelompok benda yang bahan bakunya berasal dari karet adalah .…
a. tempat minum dan buku
b. ban mobil dan sandal
c. ban mobil dan gelas
d. lampu dan balon

15. Konstruksi bangunan bertingkat agar kokoh dan kuat, maka rangkanya menggunakan bahan ….
a. kuningan
b. tembaga
c. aluminium
d. besi dan baja

B. Kerjakanlah soal-soal berikut ini pada buku latihanmu.

1. Mengapa ban mobil terbuat dari karet? Mengapa juga diberi rongga di dalamnya?
2. Terbuat dari bahan apakah kaca itu?
3. Bagaimana cara mengubah bentuk logam dan kaca?
4. Mengapa logam digunakan sebagai bahan dasar kabel?
5. Sebutkan jenis-jenis perubahan benda.




PERALATAN YANG DIBUAT DARI CAMPURAN BERBAGAI BAHAN







  
BARANG YANG TERBUAT DARI KAIN


 




                                                                                       BAHAN PLASTIK DAN KEGUNAANNYA

                                                                                                                                 
                                                                          PERKAKAS RUMAH TANGGA
UMUMNYA TERBUAT DARI BAHAN LOGAM















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP)

IPA KELAS IV SEMESTER I






 















Disusun Oleh :

Nama
:
SUNENTI
NIM
:
821113764
Pokjar
Alamat Mengajar
:
:  
Kertasemaya
SD Negeri Tersana II
Jl. Lokasi Pasir Desas Tersana
Kec. Sukagumiwang Kab. Indramayu



UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ BANDUNG
2012