Translate

Jumat, 12 April 2013

100 SOAL UKG GURU KELAS

Untuk Latihan Anda
100 SOAL UKG GURU KELAS

Contoh soal UKA Guru TK 2013
Mendeteksi ciri perkembangan fisik, intelektual, social-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya anak usia 4 – 6 tahun
1.      Seorang anak yang berusia antara 4 – 6 tahun, senantiasa melihat yang ada      di sekelilingnya dianggap memiliki jiwa atau anak tersebut belum memahami perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal ini merupakan ciri dari sikap anak, yaitu:
a.    Fisiognomis
b.    Egosentris
c.    Relasi sosial primitif
d.    Kesatuan Jasmaniah dan rohaniah

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak TK
2.      Perkembangan aspek intelektual dalam diri anak TK diawali dengan perkembangan kemampuan anak dalam hal: ……………
a.    Perkembangan fisik
b.    Mengamati, melihat hubungan dan memecahkan masalah
c.    Pertemanan yang dilakukan dengan teman sebayanya
d.    Peniruan bunyi dan suara, serta memahami perintah

Memberi contoh kesulitan anak TK dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, dan social-emosional.
3.  Lina adalah anak berusia 5 tahun ingin mengambil mainan yang terletak di atas lemari. Lina mencoba mengambil dengan tangannya, tapi tidak berhasil. Lina mencoba lagi dengan mengacungkan tangan sambil melompat-lompat, tapi juga tidak berhasil.
Dari ilustrasi di atas, kesulitan utama yang dihadapi Lina adalah:
a.      Kesulitan fisik
b.    Kesulitan moral
c.      Kesulitan bahasa
d.      Kesulitan kognitif

Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)
6.   Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari:
a.    Piaget
b.    Vigotsky
c.    Erikson
d.    Smilansky
Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar dengan bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan.
8. Beberapa ahli psikologi anak seperti Rodgers, Erikson, Piaget, Vygotsky, dan Freud,  menyampaikan ada beberapa jenis kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran anak, antara lain: bermain fungsional, bermain peran, bermain konstruktif, dan sebagainya. Yang dimaksud dalam bermain fungsional dalam kegiatan pembelajaran anak adalah:
a. anak  belajar melalui panca indera dan fisiknya
b. anak belajar melalui imajinasinya
c. anak belajar melalui pembuatan bentuk-bentuk yang diinginkannya
d. anak belajar melalui kegiatan menulis dan menggambar

Menentukan strategi pengembangan sesuai dengan bidang pengembangan anak TK
9. Kegiatan menari yang dilakukan siswa TK di sekolah merupakan salah satu strategi pengembangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam hubungannya dengan: …
a. strategi pengembangan seni
b. strategi pengembangan bahasa
c. strategi pengembangan fisik-motorik
d. strategi pengembangan kognitif

Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum TK
10. Berikut ini, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan seorang guru jika ingin mengembangkan kurikulum anak TK , kecuali:
a. Prinsip relevansi
b. prinsip kontuniutas
c. prinsip kelayakan
d. prinsip hakikat

 DOWNLOAD KISI-KISI UKA 2013
KOMPETENSI INTI GURU (Standar Kompetensi)
  • 1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • 2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang  mendidik.
  • 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
  • 4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan  yang mendidik
KOMPETENSI GURU PAUD/TK (Kompetensi Dasar)
  • 1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, dan latar belakang sosial-bu
  • 1.2.Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam bidang Pengembangan. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik  yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di  TK/PAUD.
  • 2.2. Menerapkan berbagai pendekatan,  strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik,  otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
  • 3.1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
  • 3.2. Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.
  • 3.3. Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan.
  • 3.4. Menyusun perencanaan semester,  mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
INDIKATOR ESENSIAL
  • Mendeteksi ciri perkembangan fisik ,  intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya anak usia 4- 6 tahun.
  • Menganalisis faktor-faktor yang  mempengaruhi perkembangan anak usia  dini.
  • Memberi contoh kesulitan anak usia dini  dalam bidang pengembangan nilai-nilai  agama dan moral, fisik, bahasa, dan  sosial-emosional.
  • Menjelaskan teori belajar yang terkait  dengan berbagai bidang pengembangan  di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky).
  • Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar melalui bermain yang terkait  dengan berbagai bidang pengembangan.
  • Menentukan strategi pengembangan  sesuai dengan bidang pengembangan anak TK.
  • Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran di TK.
  • Menjelaskan prinsip-prinsip  pengembangan kurikulum TK.
  • Merancang kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan yang telah ditetapkan.
  • Memberikan contoh kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan
  • pengembangan yang telah ditetapkan.Menentukan materi bidang-bidang pengembangan sesuai dengan perkembangan anak TK.
  • Mengurutkan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, dan harian dalam kegiatan pengembangan di TK.
  • Menganalisis kegiatan bermain yang bersifat holistic, otentik dan bermakna.
Link Unduhan
 LATIHAN SOAL UKA (100 SOAL)
LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD (100 SOAL)

Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
LATIHAN SOAL UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD (100 SOAL)

Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2012/08/latihan-soal-uji-kompetensi-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com
 http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2013/03/100-soal-ukg-guru-kelas.html

Cerita Silat Pendekar 212 Wiro Sableng
Silahkan share ke FB Krishna Mahendra untuk latihan lengkap UKA 2013 100 soal
100 SOAL LATIHAN UKG ONLINE GURU KELAS 2013. Pilih salah satu jawaban yang tepat dengan cara klik pada lingkaran atau kotak di sebelah kiri. Jika terjadi salah pilih jawaban, Anda dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama. Mengganti jawaban beberapakali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya. Waktu yang tersedia 120 menit.

Sumber: http://ktspsmartsystem.blogspot.com/2013/03/100-soal-ukg-guru-kelas.html
Courtesy of ktspsmartsystem.blogspot.com