Translate

Minggu, 23 Desember 2012

Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha

Beritadaerah.com | Pusat Informasi Potensi Daerah Indonesia - Pariwisata & Investasi Usaha

Keindahan Gunung Merapi Yang Mengandung Kedasyatan
Jumat, 21 Desember 2012 15:19
Foto:bd/ant
(Berita Daerah - Jawa) Gunung merapi adalah gunung berapi teraktif di bagian tengah Pulau jawa, Indonesia. 
Gunung merapi dikelilingi oleh banyak kabupaten di daerah Jawa Tengah. Lerang gunung merapi bagian selatan berada dalam wilayah admininstrasi kabupaten sleman, Daerah Istimewa Yogjakarta, dan sisanya berada dalam wilayah provinsi Jawa Tengah, yaitu kabupaten Magelang di sisi barat, dan Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta kebupaten klaten di sisi Tenggara. Gunung merapi merupakan hutan yang luas yang di tumbuhi oleh banya tumbuh-tumbuhan. Di kawasan hutan sekitar puncak gunung merapi juga telah menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Foto:bd/ant
Gunung merapi memiliki keindahan alam yang luar bisa tetapi disamping memiliki keindahan alam yang luar biasa Gunung merapi juga merupakan gunung berapi yang sangat berbahaya. Sejak tahun 1548 gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. 
Di balik penampilannya yang begitu tenang, Gunung Merapi menyimpan kekuatan alam yang dahsyat.
Letusan gunung berapi yang baru saja terjadi pada tanggal 26 Oktober 2010 yang lalu, tampaknya telah mengubah wajah wisata alam di kawasan itu. setelah letusan gunung berapi desa-desa yang berada di sekitar kaki gunung merapi seperti desa kinahejo cangkringan, umbul Harjo telah menjadi potensi pariwisata yang luar biasa. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke desa kinahrjo untuk melihat secara langsung dampak yang di timbulkan dari awan panas yang di keluarkan gunung merapi. Masyarakat sekitar gunung merapi juga memanfaatkan potensi yang ada di desanya untuk dibuka sebagai wisata lokal java gunung merapi

Foto:bd/ant
wisata lokal lava yang ada di gunung merapi mengajak kita untuk berkeliling menikmati pemandangan gunung merapi. 
Muntahan lava pijar dengan awan pans wedhus gembelnya talah merusak berbagai bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan sebagian lokasi yang sebelumnya sering digunakan berkemah penjelajah alam, untuk dapat menikmati wisata laca gunung merapi kita harus mengunakan mobil jeep yang dapat melewatimedan yang sulit akibat terjangan awan panas gunung merapi. Dengan berkeliling di sekitar gunung merapi kita dapat melihat pemandangan yang sangat tandus, panas dan kering akibat dari letusan gunung merapi. 

Foto:bd/ant
kita juga dapat melihat beberapa warga desa sekitar gunung berapi yang sedang mengumpulakn pasir letusan gunung merapi untuk dijual kembali agar mendapatkan uang untuk kembali membangun rumah mereka.
Meskipun letusan gunung merapi sangat dahsyat dan luar biasa dampaknya yang ditimbulkan untuk warga desa sekitar gunung merapi. warga desa sekiat gunung merapi tetap tidak ingin pindah dari gunung merapi karena meraka merasa gunung merapi adalah tempat yang paling nyaman untuk mereka tinggali.

(Eni Ariyanti/EA/bd)